Monday, September 9, 2019

Buah Semangka Berkhasiat Untuk Asam Urat


"Ketika saya makan semangka perut sering terasa kembung dan kepala mudah pusing," mungkin kalimat tersebut sering di lontarkan bagi orang yang rentan mengalami masalah ketika memakan semangka. 

Buah semangka memang buah yang mempunyai kandungan likopen. Maka terkadang, bagi sebagian orang yang mengosumsi semangka dalam kadar banyak, dapat mengakibatkan mual, diare, kembung, muntah dan gangguan pencernaan. 

Semangka untuk asam urat..

Tapi tahukan anda? Bahwa, dibalik semua itu buah semangka didalamnya mempunyai segudang manfaat dan khasiat bagi penderita asam urat. Penyakit asam urat tersendiri ialah suatu kondisi yang mana darah kelebihan zat asam urat yang menimbun dibagian persendian. 

Selain itu, penumpukan zat asam urat tersebut kemudian akan membentuk kristal-kristal tajam yang mengakibatkan munculnya gejala nyeri yang tidak tertahankan, bengkak dan rasa panas di bagian persendian.

Tak hanya itu saja, penyakit ini sering di alami oleh orang yang mengosumsi makanan dan minuman tinggi purin. Sehingga, seseorang yang telah dikatakan mengidap asam urat sering di tangani dengan mengosumsi obat-obatan kimia yang di resepkan dokter. 

Namun, ada baiknya jika pengidap mampu mengurangi kadar asam urat didalam tubuh dengan melalui diet purin seperti mengosumsi buah semangka. Selain mempunyai rasa yang sangat manis, semangka juga ternyata memiliki kandungan gizi serta fitokimia didalamnya yang bisa membantu dalam mengobati penyakit asam urat. 

Buah ini juga didalamnya mengandung likopen yang sangat mudah larut didalam air dan mudah diserap tubuh untuk menangkal radikal-radikal jahat. Satu hal lagi, semangka juga mampu meningkatkan produksi urin hingga kadar purin tak akan terlalu tinggi dan bisa diturunkan secara aman dan alami. 

Untuk cara mengosumsinya, anda bisa memakan semangka secara langsung dan jika anda ingin dibuat menjadi jus. Hindari untuk menambahkan gula dan susu, hal itu dapat mengakibatkan keterlambatan dalam proses pencernaan.


No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname