Monday, April 23, 2018

Manfaat Akar Manis Untuk Kesehatan

Manfaat Akar Manis Untuk Kesehatan


Akar manis atau banyak juga orang yang menyebutnya dengan kayu manis memiliki ilmiah Glycyrrhiza glabra. Tanaman akar manis uini juga mempunyai nama latin yang berasal dari Yunani ialah liquorice yang menpunya arti "akar yang manis". Tanaman akar manis ini berasal dari daratan Eropa Selatan dan juga beberapa wilayah besar yang ada di Asia. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman polong-polongan, karena akar manis memiliki buah berbentuk polong dengan dibungkus oleh cangkang yang memanjang sekitar 2-3 cm saja.
Baca Juga: 

OBAT MATA MINUS

Akar manis masih tergolong ke dalam tumbuhan terna atau tumbuhan yang memiliki batang yang lunak. Yang dapat mencapai tinggi hingga 1 meter dengan daun yang memiliki bentuk seperti sayap dengan panjang 7-15 cm. Akar manis tumbuh seperti rerumputan di wilayah Eropa Selatan. Akar manis ini baik sekali ditanam pada tanah yang subur memiliki kandungan air yang cukup dan penyinaran matahari yang cukup pula. Upaya pemanenan juga dilakukan pada musim gugur dan sekitar 2 ataupun 3 tahun setelah akar manis itu di tanam.

Di wilayah Eropa sendiri tanaman akar manis sering dijadikan sebagai olahan makanan permen. Produk permen yang berbahan dasar akar manis pun telah sangat populer pada masyarkat Inggris. Namun mereka lebih menyukai permen yang terasa sedikit asin. Sedangkan di Belanda permen yang dihasilkan dari akar manis ini  diberi nama “drop”, permen ini sangat digemari oleh masyarakat disana. Permen yang diprosuksi Belanda pun hanya menggunakan minyak adas yang lebih sedikit dan dicampur dengan bahan-bahan yang lain seperti menthol dan daun salam untuk menciptakan rasa asin seperti apa yang mereka sukai.
Baca Juga: 

OBAT MATA KATARAK

Manfaat akar manis ialah untuk :

1.    Membantu menjaga sistem pencernaan di dalam tubuh seperti membantu mengobati : sakit maag, sakit perut, keracunan makanan, sembelit bahkan mampu mengatasi infeksi organ pencernaan yang telah meradang.
2.    Membantu menyembuhkan sariawan dan Menjaga kesehatan mulut
Kandungan anti-inflammatory di dalam akar manis membantu meringankan rasa sakit didaerah mulut.
3.    Mengontrol keidealan tubuh
Akar manis ini akan sangat berfungsi untuk menjaga lemak dalam tubuh agar tetap dalam jumlah yang seimbang.
4.    Meningkatkan Sistem Imun di dalam Tubuh
Kandungan licorine memiliki senyawa macrophage serta lymphocytes yang mampu membantu tubuh mempertebal anti bodi agar tidak mudah terserang oleh penyakit.
5.    Membantu menghilangkan depresi
Kandungan glycyrrhizin telah banyak dibuktikan, mampu meningkatkan kerja syaraf yang berhubungan langsung dengan rasa gelisah.
6.    Membantu meringankan gejala haid
Senyawa phytoestrogenik, vitamin B dan estrogen dan progesterone yang membantu meringankan efek negati dari gejala haid.
7.    Membantu melindungi organ dalam tubuh terutama bagian hati (liver)
Kandungan licorine nya mampu melindungi liver dari serang hepatitis. Serta antioksidannya mampu melawan toksin dan radikal bebas.
8.    Melindungi saluran pernapasan dari berbagai gangguan infeksi
Manfaat terakhir dari licorine adalah untuk mencegah infeksi yang akan terjadi di dalam saluran pernapasan.

Itulah sekilas penjelasan tentang akar manis dan beberapa manfaatnya dari akar manis tersebut. Terimakasih J

Baca Juga: 

OBAT KANKER KELENJAR GETAH BENING

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname