Monday, February 20, 2017

Faktor Penyebab Terjadinya Gagal Ginjal Pada Seseorang

Faktor Penyebab Terjadinya Gagal Ginjal Pada Seseorang

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital, karena berfungsi sebagai alat untuk membuang sisa-sisa metabolisme yang ada dalam tubuh manusia. Banyak gangguan yang bisa terjadi pada ginjal salah satunya adalah gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan salah satu kondisi yang bisa dikatakan kronis. Karena jika ginjal tidak bekerja dan berfungsi dengan baik maka, sisa metabolisme tidak dapat dikeluarkan. Dan akan manjadi racun yang sangat berbahaya di dalam tubuh.

Faktor penyebab terjadinya gagal ginjal pada seseorang adalah karena adanya riwayat penyakit lain seperti diabetes, hipertensi, kanker, kelainan pada organ ginjal, gangguan saluran kemih atau adanya kerusakan pada sel tubuh. baca juga: Obat Gagal Ginjal Di Apotik

Pada umumnya penyakit ginjal ini lebih sering menimpa orang yang sudah memasuki usia lanjut. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kondisi ini bisa di alami oleh mereka yang masih berusia muda. Tanda atau gejala gagal ginjal biasanya tidak akan langsung muncul, tetapi akan terlihat jelas jika kondisi sudah benar-benar kronis. Berikut ini adalah beberapa gejala yang di alami oleh penderita gagal ginjal :

- Sering buang air kecil pada malam hari
- Nyeri yang timbul di satu sisi punggung
- Timbul pembengkakan pada kaki
- Nafsu makan menjadi turun
- dehidrasi dan mudah merasa lelah
- Perubahan susana hati dan mudah gelisah
- Terdapat bercak darah pada tinja

Jika anda menemui tanda-tanda seperti diatas sebaiknya segera melakukan pemeriksaan agar mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat. Karena jika terus dibiarkan kondisi ini akan memperburuk kesehatan, bahkan bisa menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih serius dan mematikan.

Untuk mengatasi gejala dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit akibat gagal ginjal, anda bisa melakukan pengobatan dan menerapkan gaya hidup sehat. Mengatur pola makan, menghindari rokok, olahraga secara teratur, dan menghindari konsumsi obat-obatan berbahan kimia.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol sebaiknya lebih berhati-hati. Karena resiko terkena gagal ginjal akan meningkat jika tingkat kesehatan anda terus menurun akibat penyakit yang diderita.



No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname