Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil,- Sakit pinggang pada saat hamil adalah kondisi yang umum terjadi pada kebanyakan wanita hamil lainnya. Tapi jika masalah sakit pinggang tidak segera ditangani dengan baik, maka bisa berdampak buruk pada kehamilan secara jangka panjang. Beberapa kasus juga menyatakan kalau sakit pinggang pada kehamilan bisa menjadi gangguan kesehatan yang serius.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Ketika hamil maka pusat gravitasi tubuh wanita berubah dan perlu menyesuaikan posisi tubuhnya ketika akan berdiri atau berjalan. Tetapi perubahan seperti ini bisa membuat pinggang terasa sakit dan membuat otot ligamen meregang. Peregangan ligamen tersebut dapat menyebabkan pinggang bagian bawah terasa sakit. Ukuran janin yang terus tumbuh besar akan membuat beban berat yang ditanggung punggung dan pinggang semakin besar juga.

Sakit pinggang pada saat hamil pun dapat dirasakan sampai ke kaki. Sakit pinggang terkadang membuat anda ingin terus berbaring di tempat tidur, tapi apabila anda tidur terus dalam waktu lama maka bisa membuat masalah sakit pinggang semakin bertambah parah.

Jadi, bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil?

Meski anda sedang hamil, anda harus tetap melakukan aktivitas keseharian di rumah seperti biasa. Saat sedang hamil tidak boleh malas, sebab apabila anda malas untuk melakukan aktivitas seperti biasa maka bisa menyebabkan pinggang sakit. Tapi aktivitas yang dilakukan tidak boleh berat dan dikurangi porsi nya.

Risiko terkena masalah sakit pinggang pada saat hamil memang sangat besar, apalagi jika anda menghabiskan waktu dengan duduk sepanjang hari tanpa melakukan apa-apa. Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil bisa dimulai dengan memulai aktivitas olahraga yang dapat meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot, terutama dalam membantu melatih otot pinggang, kaki dan perut bawah. Berikut ini adalah aktivitas yang harus anda lakukan sebagai cara mengatasi sakit pinggang saat hamil :
  • Cara mudah melakukan aktivitas bagi wanita hamil adalah dengan jalan kaki. Jadikan aktivitas ini sebagai bagian dari keseharian anda.
  • Senam hamil merupakan pilihan olah tubuh yang tepat untuk membuat tubuh tetap sehat dan sekaligus melatih keseimbangan.
  • Lakukan olahraga air seperti berenang, karena olahraga air bisa membuat anda rileks dan dapat membantu wanita hamil memperkuat oto perut bawah serta pinggang nya.
  • Saat sedang beraktivitas, lakukan gerakkan dengan hati-hati karena sendi tubuh menjadi longgar ketika sedang hamil.
  • Jangan terlalu cepat berdiri pada saat sudah duduk atau berbaring.
  • Gunakan bantal penyangga ketika anda akan berbaring atau duduk dalam waktu lama.
  • Untuk wanita hamil harus tidur menyamping dan tidak boleh terlentang. Coba tekuk salah satu lutut dan tempatkan pada posisi di bawah bantal. Letakkan bantal di bawah perut dan di belakang punggung juga.
  • Jagalah berat badan tetap ideal dan tidak berlebihan. Beban tubuh yang berat sangat berisiko terkena masalah sakit pinggang saat hamil.
  • Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil yang direkomendasi kan oleh dokter adalah dengan terapi akupuntur, tapi anda juga harus berkonsultasi dulu kepada dokter yang menangani anda.
  • Sering-sering lah berdiri jika anda duduk dalam waktu lama dan sering-sering lah duduk jika anda berdiri dalam waktu lama.
  • Gunakan sepatu datar yang nyaman dipakai pada saat mau bepergian dan sebaiknya jangan berdiri dalam waktu lama.
  • Ketika anda mau mengambil barang di lantai maka tekuk lutut anda agar mengurangi tekanan pada punggung bawah. Sebaiknya anda minta bantuan orang lain jika mau mengambil benda berat, sebab mengangkat beban berat pada saat hamil sangat tinggi risiko nya terkena sakit pinggang.
  • Jangan mengkonsumsi obat sakit pinggang generik. Obat generik merupakan obat medis yang mengandung bahan kimia berbahaya dan sangat tidak dianjurkan untuk di konsumsi wanita hamil. Jika ingin mengkonsumsi obat, maka sebaiknya anda konsumsi herbal saja yang lebih aman untuk wanita hamil.

Secara umum masalah sakit pinggang bisa hilang dengan sendirinya dengan hanya melakukan beberapa cara mengatasi sakit pinggang saat hamil seperti yang telah disebutkan di atas. Tapi masalah sakit pinggang bisa menjadi pertanda dari gejala yang berbahaya, maka dalam hal ini sebaiknya anda segera periksa ke dokter jika sakit pinggang yang dialami tidak kunjung hilang dan rasa sakitnya malah bertambah parah.

Anda juga harus selalu waspada apabila sakit pinggang yang dialami terasa sangat sakit dan disertai dengan demam, kaki atau bokong terasa seperti mati rasa. Waspada juga ketika muncul sakit pinggang di bagian belakang tepat di bawah tulang rusak, karena bisa menjadi pertanda adanya infeksi ginjal, terutama jika sakit pinggang yang muncul disertai dengan gejala mual, demam dan air kencing berdarah.

Baca juga: Obat sakit pinggang

0 Response to "Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil"

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname