Monday, February 27, 2017

Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat - Gaya hidup memainkan peran penting dalam mengobati tekanan darah tinggi. Berikut adalah perubahan gaya hidup yang dapat menurunkan tekanan darah.

Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

  • Menurunkan berat badan

Tekanan darah sering meningkat dengan meningkatnya berat badan. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan terganggu pernapasan saat tidur yang selanjutnya meningkatkan tekanan darah.
Berat badan adalah salah satu perubahan gaya hidup yang paling efektif untuk mengendalikan tekanan darah. Kelebihan berat badan sekitar pinggang dapat meningkatkan risiko yang lebih besar dari tekanan darah tinggi.
  • Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik yang teratur setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu dapat menurunkan tekanan darah dengan 4-9 milimeter air raksa (mm Hg). Sangat penting untuk konsisten karena jika berhenti berolahraga, tekanan darah bisa naik lagi. Jika memiliki tekanan darah sedikit tinggi (prehipertensi), olahraga dapat membantu menghindari hipertensi. Jenis terbaik dari latihan untuk menurunkan tekanan darah meliputi berjalan, jogging, bersepeda, berenang atau menari.
  • Makan makanan yang sehat

Makan makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak pada lemak jenuh dan kolesterol dapat menurunkan tekanan darah hingga 14 mm Hg.
  • Kurangi sodium dalam diet

Pengaruh asupan sodium pada tekanan darah bervariasi. Untuk mengurangi natrium dalam diet, pertimbangkan tips ini:
  1. Membaca label makanan. Jika memungkinkan, pilih alternatif rendah sodium dari makanan dan minuman yang biasanya dibeli.
  2. Makan lebih sedikit makanan olahan. Hanya sejumlah kecil natrium terjadi secara alami dalam makanan. Sebagian besar natrium ditambahkan selama pengolahan.
  3. Jangan menambahkan garam. Hanya 1 tingkat sendok teh garam memiliki 2.300 mg sodium.

  • Batasi konsumsi alkohol

Alkohol dapat menjadi baik dan buruk untuk kesehatan. Dalam jumlah kecil, dapat berpotensi menurunkan tekanan darah dengan 2 sampai 4 mm Hg. Jika minum terlalu banyak alkohol umumnya lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan laki-laki yang lebih tua dari usia 65, atau lebih dari dua hari untuk pria usia 65 dan lebih muda. Satu minuman sama dengan 12 ons bir, lima ons anggur atau 1,5 ons minuman keras.

Sekian beberapa tips yang dapat kami berikan untuk mengontrol tekanan darah tinggi tanpa obat. Selain itu, anda juga harus mengetahui bagaimana cara menyembuhkan darah tinggi yang benar, agar anda bisa terbebas dari bahaya penyakit dan komplikasi yang di timbulkan tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Obat Darah Tinggi Di Apotik

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname